Kamis, 04 Oktober 2012

Penghargaan Adiwiyata Kembali Diraih SMAN 4 Pandeglang

Jumat, 13 Juni 2008 11:48:00
Sumber: Kapanlagi.com
Penghargaan Adiwiyata Kembali Diraih SMAN 4 Pandeglang
Kapanlagi.com
 
0


Kapanlagi.com - SMAN 4 Pandeglang, kembali meraih penghargaan Adiwiyata (sekolah peduli dan berbudaya lingkungan) tingkat nasional Dari Menteri Negara LingkungAn Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional. "Kami menerima penghargaan Adiwiyata itu yang ke tiga kali sejak tahun 2006 lalu," kata Wakil Kepala Sekolah dan Penanggung Jawab Adiwiyata,SMAN 4 Pandeglang, Suhyan, Jumat.
Ia mengatakan, penghargaan yang diraih secara berturut-turut itu tentu lebih termotivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Apalagi, saat ini kondisi hutan mengalami kerusakan akibat adanya penebangan liar.
Oleh karena itu, pihaknya memberikan pengetahuan warga sekolah agar menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Menurut dia, untuk menciptakan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.
Saat ini,ujar dia, pihaknya sudah menerapkan mata pelajaran tentang lingkungan hidup sebagai muatan lokal (mulok).
"Pertemuan itu seminggu siswa belajar mulok lingkungan hidup selama dua jam," katanya.
Selain itu,pihaknya saat ini mengembangkan pemanfaatan limbah yang ada di sekolah untuk dijadikan kerajinan tangan juga pupuk organik.
"Saat ini hasil karya-karya limbah kerap kali ditampilkan dalam pameran," kata dia.
Ia menambahkan, tujuan sekolah berbasis lingkungan hidup itu untuk menyadarkan murid,guru dan masyarakat sehingga dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
"Kami berharap ke depan sekolah ini dijadikan percontohan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Pemprov Banten," ujar Suhyan sambil mengaku jumlah siswa tercatat sebanyak 1.033 anak dengan tenaga pendidik 47 orang. (*/cax)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar